Cinco de Mayo

Anda sedang mencari info tentang Cinco de Mayo? Di sini Capsip anda dapat menemukan informasi terbaik. Selamat Menikmati.



Dengan situasi politik seperti apa adanya, berpesta mungkin bukan yang pertama di benak orang Amerika Meksiko. Cinco de Mayo (5 Mei) dengan cepat mendekat dan malam perayaan untuk semua orang mungkin sesuai dengan perintah dokter. Kota-kota di seluruh Amerika Serikat merayakan Cinco de Mayo, juga dikenal sebagai Pertempuran Puebla, dan banyak orang menganggap liburan untuk Hari Kemerdekaan Meksiko. Namun, Meksiko mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol pada 16 September 1810, sedangkan Pertempuran Puebla terjadi pada tanggal 5 Mei 1862, lebih dari lima puluh tahun kemudian.

Beberapa Sejarah tentang Pertempuran Puebla

Pada tahun-tahun yang penuh gejolak setelah memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol, Meksiko telah mengumpulkan sejumlah besar hutang dari beberapa negara, termasuk Spanyol, Inggris dan Prancis. Karena meningkatnya kerusuhan politik di negara tersebut, Presiden Meksiko Benito Juarez mengeluarkan moratorium untuk semua pembayaran utang luar negeri untuk jangka waktu dua tahun, setelah pembayaran akan dimulai lagi.

Spanyol, Inggris dan Prancis sangat marah dan bersatu, masing-masing mengirim armada tentara dan perwakilan nasional untuk mengumpulkan uang kepada mereka dan mengambil alih hak kepemilikan sebagai pengganti pembayaran.

Spanyol dan Inggris sama-sama membuat kesepakatan dengan Meksiko mengenai pembayaran kembali dan menarik pasukan mereka. Namun, Prancis, di bawah Napoleon III, punya gagasan lain dalam pikiran, yaitu penaklukan. Napoleon ingin menempatkan kerabatnya, Archduke Maximilian dari Austria, ke tampuk kekuasaan sebagai penguasa negara tersebut. Prancis menolak tawaran yang diberikan kepada mereka dan Napoleon memerintahkan pasukannya ke Mexico City.

Presiden Juarez bereaksi cepat dengan menunjuk Jenderal Ignacio Zaragoza. Jenderal tersebut membulatkan 4.500 petani Mestizo dan Zapotec India yang tidak dilengkapi dengan baik untuk menyerang. Tentara Prancis hanya membawa 6.500 tentara, dengan asumsi pengambilalihan mudah dilakukan, namun mendapat perlawanan keras sepanjang perjalanan dari kota pesisir Veracruz, tempat tentara tersebut mendarat.

Begitu Prancis mencapai Puebla pada tanggal 5 Mei, tentara Meksiko mengalahkan mereka dengan kombinasi taktik gerilya, medan yang tidak ramah dan penyerbuan ternak dari penduduk desa terdekat. Prancis dipaksa untuk menarik diri dan orang-orang Meksiko memenangkan pertarungan.

Sayangnya, percintaan tersebut segera berakhir dan Prancis akhirnya memenangkan perang, menduduki negara tersebut dalam waktu singkat sampai tahun 1867, ketika Archduke Maximilian ditembak dan Benito Juarez mereformasi pemerintah.

Perayaan di Ibu Negara

Hari ini, 5 Mei dirayakan di Puebla, Mexico City dan, pada tingkat yang lebih rendah, seluruh Meksiko. Parade militer, makanan khusus dan bahkan pemeragaan kembali (kadang-kadang diperjuangkan dengan senapan serbuk mesiu) dapat dilihat di berbagai kota di seluruh negeri.

Kota Puebla adalah salah satu kota kolonial paling mengesankan dan tertua di Meksiko. Menyatakan Situs Warisan Dunia UNESCO karena keindahannya yang unik, pusat bersejarah yang megah merupakan titik awal yang ideal untuk tur Cinco de Mayo.

0 Comments:

Post a Comment